FaceApp
FaceApp

Serba-serbi mengolah terong yang wajib Anda tahu

Posted on

Serba-serbi mengolah terong yang wajib Anda tahu – Terong enak dimasak dengan cara apa saja. Direbus dengan santan atau digoreng kemudian dipenyet dengan sambal terasi yang pedas. Melansir dari laman The Kitchn, terong yang sudah dipetik dan disimpan lama memiliki rasa pahit. Namun bukan berarti terong yang memiliki rasa sedikit pahit tidak bisa diolah menjadi masakan enak.

Berikut ada tips mengolah terong agar rasa pahitnya berkurang, seperti yang dilansir dari The Spruce Eats dan The Kitchn.

1. Potong terong

Langkah pertama untuk menghilangkan rasa pahit dari terong adalah dengan memotongnya berbentuk lingkaran. Potong terong dari ujung dekat tangkai hingga ke ujung bawahnya. Memotong terong berbentuk koin akan memudahkamu saat menaburkan dan meratakan garam di atas permukaannya. 

Baca juga: Cara Potong Terong untuk Berbagai Masakan

2. Tabur garam ke terong yang sudah dipotong

Setelah memotong terong berbentuk lingkaran. Tabur garam ke permukaan terong. Pastikan lapisan terong terkena taburan garam. Biarkan selama satu jam dan bilas terong dengan air bersih sebelum dimasak. Menaburkan garam ke permukaan terong bisa mengurangi rasa pahit. Baca juga: Cara Masak Terong biar Tidak Menyerap Minyak Banyak

3. Rendam terong dengan susu

Kamu juga bisa merendam terong dengan susu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Rendam selama 30 menit sebelum terong dimasak. Selain menghilangkan rasa pahitnya, susu juga bisa membuat tektur terong lebih lembut.

4. Buang biji terong

Kalau kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengasinkan atau merendam terong, potong dan buang biji terong. Biji terong menyimpan sebagian besar rasa pahit. Jadi, buang bijinya. Terutama, jika kamu memiliki terong tua. Pasalnya, terong tua memiliki banyak biji.

Demikian Serba-serbi mengolah terong yang wajib Anda tahu. Semoga bermanfaaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.