Profil PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Posted on

Fakta Singkat

Nama Perusahaan

PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Tanggal Berdiri

26-09-1955

Jenis Usaha

swasta

Bidang Usaha

Perbankan

Info Lain

Tel: (+62-21) 250 5252, 250 5353 Fax: (+62-21) 250 5205 Website: www.cimbniaga.com
Sekretaris Perusahaan: corporate.secretary@cimbniaga.co.id
Hubungan Investor: investor.relations@cimbniaga.co.id

Alamat Perusahaan

Alamat Kantor Pusat: Graha CIMB Niaga, Jl. Jend Sudirman Kav. 58, Jakarta 12190, Indonesia

Official Perusahaan

  • Presiden Komisaris: Didi Syafruddin Yahya
  • Wakil Presiden Komisaris: Glenn Muhammad Surya Yusuf
  • Komisaris: David Richard Thomas
  • Komisaris Independen: Sri Widowati
  • Komisaris Independen: Jeffrey Kairupan

Tentang Perusahaan  

PT Bank CIMB Niaga Tbk atau yang lebih dikenal dengan CIMB Niaga adalah sebuah bank yang berdiri pada tahun 1955. Saat ini CIMB Niaga merupakan bank Nasional terbesar keempat dan bank swasta kedua terbesar di Indonesia dilihat dari sisi aset, dan diakui prestasi dan keunggulannya di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan manajemen. Saat ini mayoritas saham Bank CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. 

Bank CIMB Niaga merupakan bank pembayar (payment bank) KSEI terbesar dari nilai transaksi, dan dengan pangsa pasar 11%, saat ini CIMB Niaga adalah bank penyedia kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia.  Slogan dan motto adalah #KejarMimpi.

PT Bank CIMB Niaga berdiri pada tanggal 26 September 1955 dengan nama Bank Niaga. Bank Niaga menjadi perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1989. 

Pemerintah Republik Indonesia pernah menjadi pemegang saham mayoritas CIMB Niaga saat terjadi krisis di akhir tahun 1990-an. Pada bulan November 2002, Commerce Asset-Holding Berhad (CAHB), sekarang lebih dikenal luas sebagai CIMB Group Holding Berhad (CIMB Gorup Holdings), mengakuisisi saham mayoritas Bank Niaga dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). 

Pada Agustus 2007, seluruh kepemilikan saham berpindah tangan ke CIMB Group sebagai bagian dari reorganisasi internal untuk mengkonsolidasi kegiatan seluruh anak perusahaan CIMB Group dengan platform universal banking. Bergabungnya Lippo Bank ke dalam CIMB Niaga menjadi lompatan tersendiri bagi bank ini yang berdampak pada aset, pendanaan, kredit dan luasnya jaringan cabang.   

Sejarah Perusahaan

PT Bank CIMB Niaga Tbk atau yang lebih dikenal dengan CIMB Niaga adalah sebuah bank yang berdiri pada tahun 1955. Saat ini CIMB Niaga merupakan bank Nasional terbesar keempat dan bank swasta kedua terbesar di Indonesia dilihat dari sisi aset, dan diakui prestasi dan keunggulannya di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan manajemen. Saat ini mayoritas saham Bank CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Bank CIMB Niaga merupakan bank pembayar (payment bank) KSEI terbesar dari nilai transaksi, dan dengan pangsa pasar 11%, saat ini CIMB Niaga adalah bank penyedia kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia. Slogan dan motto adalah #KejarMimpi.

Kinerja

Berdasarkan data laporan keuangan kuartal III/2020, pendapatan bunga turun 4,83% menjadi sebesar Rp15,16 triliun. Sedangkan pada laba bersih mencapai Rp1,72 triliun, mengalami penurunan 32,43% dibandingkan dengan kuartal lll/2019.

Akan tetapi, total aset pada September 2020 berhasil mencapai Rp279,20 triliun atau tumbuh 7,02% dengan return on asset (ROA) sebesar 1,20%. Dana pihak ketiga juga mengalami pertumbuhan 11,32% menjadi sebesar Rp212,27 triliun. Non-performing loan (NPL) net masih terjaga sebesar 1,52%.

Strategi Hadapi Pandemi 

Bank CIMB Niaga mengklaim telah menerapkan langkah strategis untuk memastikan business continuity, termasuk melakukan disiplin dalam pengelolaan biaya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu dari lima pilar strategi yang dijalankan dalam rangka mengefisiensikan biaya yang timbul.

Beberapa langkah yang telah dilakukan perseroan di tengah pandemi yakni dengan membatalkan/menunda perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan, team building, seminar dan pelatihan dengan menggantikannya melalui pertemuan secara digital.

Di sisi lain, Bank CIMB Niaga senantiasa memprioritaskan pelayanan nasabah dengan penyesuaian seperti memaksimalkan layanan digital banking melalui Go Mobile. Dengan adanya Go Mobile nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas dan transaksi perbankan tanpa harus keluar rumah. Selain itu, menghadirkan fitur virtual card number (VCN) yang bisa digunakan nasabah untuk melakukan transaksi belanja di berbagai merchant online.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.