membuat artikel page one di google

Membuat Artikel Page One Di Google

Posted on

Membuat Artikel Page One Di Google pahami dulu konsepnya

Ada banyak cara untuk Membuat Artikel Page One Di Google. Sebelum membahas kesana ada baiknya kita review ulang beberapa hal tentang berikut ini.

Apa Itu Search Engine?

Search engine atau Mesin pencari web atau mesin telusur web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Sederhananya Search engine adalah program yang mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Database ini berisi alamat dan koten situs-situs tertentu yang ada di World Wide Web (WWW). 

Kemudian setelah informasi yang diminta terkumpul, maka search engine akan menampilkan hasilnya pada search engine result page (SERP). Semakin baik kerja search engine, semakin relevan informasi yang akan ditampilkan. Untuk kita ketahui bahwa search engine berjalan memanfaatkan jaringan internet. Baik pada saat pengguna internet mengaksesnya maupun saat search engine menggali informasi tentang berbagai konten website di seluruh dunia.

Apa itu Fungsi Search Engine

Secara umum fungsi search engine adalah menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Fungsi ini sesuai dengan cara kerja search engine yaitu mendaftar / mengindeks / mendata (biasa disebut dengan crawling) situs yang ada di internet.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Search engine bekerja dalam 3 tahapan utama: crawling, indexing dan ranking. Yuk kita pelajari satu per satu.

1. Crawling 

Pada tahapan ini search engine melakukan proses pengumpulan data untuk disimpan di database mereka. Langkah ini dilakukan bahkan sebelum pengguna mengakses website search engine tersebut. 

Robot dari mesin pencari (crawler)akan menjelajahi website di seluruh dunia dan mencari konten baru untuk dikumpulkan di database. Selain itu, crawler tersebut juga akan mencari konten yang diupdate dan menyimpan versi terbaru dari konten tersebut.

Namun, bukan berarti search engine akan menyimpan versi asli konten tersebut. Crawler hanya akan mengikuti tautan demi tautan yang ada di sebuah website. Tautan tersebut bisa saja berupa artikel, dokumen PDF, gambar, video dan lainnya 

2. Indexing

Setelah banyak informasi di database, search engine akan melaksanakan proses indexing. 

Sesuai namanya, proses ini akan mengelompokkan informasi sesuai dengan kategori yang sama. Tujuannya untuk memudahkan menampilkan hasil ketika diminta oleh pengguna internet. 

Kategori dalam proses indexing bisa meliputi bahasa yang digunakan, lokasi pencarian, dan lainnya. Dengan cara ini, proses pencarian di database dapat dilakukan dengan cepat. Sebab, tak perlu mencari keseluruhan data yang dimiliki untuk tiap permintaan.

3. Ranking

Langkah berikutnya adalah menampilkan hasil pencarian sesuai dengan urutan. Proses ini disebut ranking. 

Meskipun search engine bisa memberikan hasil hingga jutaan daftar, kenyataannya 95% pengguna internet hanya melihat hasil yang muncul di halaman pertama saja! maka sangat lah perlu untuk Membuat Artikel Page One Di Google.

Dengan data tersebut, search engine berusaha untuk menampilkan hasil terbaik dan paling relevan di halaman pertama. Alasannya, jika pengguna tidak berhasil menemukan informasi yang diperlukan, bisa-bisa mereka tidak mempercayai search engine lagi. 

Di sisi lain, bagi bisnis, berada di halaman pertama search engine result page (SERP) adalah faktor penting bagi peningkatan bisnis. Tak heran, banyak upaya peningkatan optimasi mesin pencari (SEO) yang terus dilakukan. 

Nah, setelah sedikit mereview tentang search engine, mari kita lanjut ke pembahasan utama dari artikel ini, yaitu Membuat Artikel Page One Di Google.

Cara Membuat Artikel Page One Di Google

Para pemilik website pasti akan bersaing dengan menggunakan berbagai cara untuk membuat artikelnya supaya masuk pada halaman pertama search engine misalnya sewa domain dan hosting, bertukar backlink dengan blogger lain, meng-iklankan blog/website ke google adwords dan cara-cara yang lainnya. Nah untuk dasarnya perhatikan cara berikut ini.

1. Pilihlah Judul yang tepat sasaran

Pemilihan kata kunci pada judul sangat menentukan visitor untuk datang ke website kita. Jadi, jika salah menentukan maka sebagus dan selengkap apapun artikel yang kita tulis, maka akan sulit ditemukan oleh sang pencari artikel. Maka, buatlah judul semenarik mungkin dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Selanjutnya, tempatkan kata kunci utama didepan seperti salah satu contoh “Membuat Artikel Page One Di Google“. Membuat Artikel Page One itu adalah kata kunci utama dan dengan sangat mudah adalah kalimat tambahan yang bisa membantu nilai SEO pada judul artikel. Dengan begitu artikel yang kita buat mempunyai target yang tepat sasaran.

2. Letakkan kata kunci atau keyword di 100 kalimat pertama

Dalam membuat artikel page one di Google, usahakan menempatkan kata kunci tersebut dalam 100 kata pertama dalam artikel tersebut. Jumlah kata kunci atau keyword density dalam sebuah postingan menurut saya tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal semakin bagus karena robot google biasanya hanya akan merambah artikel pada 100 kata pertama. Namun bukan berarti kamu boleh menumpuk keyword pada 100 kata pertama artikel tersebut, Algoritma google semakin lama semakin ketat, bisa-bisa malah menurunkan ranking hingga anjlok ke dasar jurang. lakukan sewajarnya 🙂

3. Kalimat Tersusun Rapih

Tulislah kalimat dalam setiap paragraf dengan teratur dan tersusun dengan rapih. Anda dapat menulisnya dengan cara melihat anak judul setiap paragraf tersebut. Hindari penulisan kalimat dengan pengulangan kata di atas 20 kata supaya mesin pencari Google dapat membaca Struktur kalimat tersebut. Penyusunan paragraf jangan terlalu panjang ataupun terlalu pendek supaya lebih enak dibaca.

Tetap fokus ke pembahasan tema artikel, jangan pernah lepas dari konteks pembahasan. Kurangi memasukkan kalimat yang tidak sesuai dengan tema artikel. Buat setiap kalimat dengan rangkaian kata sedetail mungkin, jika perlu perbanyak kosakata yang berhubungan dengan artikel tersebut. Dan, sebelum mempublish artikel tersebut silahkan baca ulang dan perbaiki kalimat yang tidak baku.

4. Gunakan Gambar Yang Relevan

Menambah Gambar di setiap postingan website juga mempengaruhi artikel kamu untuk bisa jadi page one di Google. Semakin lengkap yang kamu sajikan maka semakin bagus SEO artikel tersebut. Untuk gambar yang gratis kamu bisa mengambilnya di situs pixabay.com. Bisa juga ambil di google dengan cara di Screenshoot lalu edit di Paint atau Photoshop (saran saya kasih sumber gambar).

5. Backlink (Internal Dan Eksternal Link)

Backlink menjadi kekuatan tersendiri untuk mendongkrak website kamu. tetapi ada pernyataan lebih baik memiliki Baclink sedikit berkualitas daripada Backlink banyak tetapi di anggap spam oleh Google. Buatlah artikel yang baik dan bermanfaat banyak orang sehingga artikel tersebut banyak di share baik di media sosial atau website orang lain sehingga kamu mendapatkan Backlink yang baik.

6. Buat Artikel Se-original Mungkin

Banyak orang membuat artikel dengan cara melakukan Rewrite milik orang lain bahkan melakukan Copy Paste sebagian artikelnya. Cara ini sangat buruk bahkan bukan hanya menjatuhkan website sendiri tetapi bisa juga membuat kita jadi seorang Pemalas. Stop melakukan ini dan mulailah dengan sesuatu yang baru dengan membuat tulisan hasil pemikiran sendiri.

Gaya bahasa yang kita tuangkan pada tulisan tentunya berbeda dengan tulisan milik orang lain dan yang paling penting mudah dipahami. Tanpa harus mengecek artikel tersebut Plagiat atau tidak maka bisa dipastikan bisa langsung Publish. Semakin banyak tulisan ORI maka Google akan lebih cepat membaca bahkan jika sudah dipercaya dapat bersaing diberanda google dengan Cepat.

Sebagai penutup, untuk membuat judul artikel tertarget adalah kunci utama website Anda untuk mendapatkan pengunjung dari Search Engine Google, Bing dan Yahoo, akan tetapi di dukung dengan isi artikel yang original, lengkap dengan gambar dan backlink juga sangat mempengaruhi. Google akan terus melakukan update algoritmanya jadi teruslah membuat artikel sebaik mungkin. Penyusunan kalimat setiap paragraf sangat mempengaruhi karena google lebih suka kata kata yang terstruktur (tersusun rapih).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *