apa itu content writer

Apa itu content writer

Posted on

Apa itu content writer? Jika Anda sedang mencari info tentang content writer, fix, selamat membaca lebih lanjut, semoga bisa memberi sedikit pencerahan.

Oke lanjut, sebelum kita mendefinisikan, sekedar untuk diketahui bahwa Content Writer atau penulis konten sekarang menjadi salah satu profesi yang dicari oleh banyak perusahaan untuk membesarkan perusahaan ataupun platform mereka. Hal ini dikarenakan karena mulai bergesernya media pemasaran dan pemberitaan dari bentuk elektronik ke digital. Sebagai salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini, seorang content writer harus dapat membantu untuk membuat sebuah tulisan dengan topik atau tema yang telah ditentukan, ini tentunya untuk mengisi berbagai konten di dalam sebuah website. Tentu saja, apabila anda memiliki website sendiri, anda pasti sangat menginginkan situs anda selalu update secara berkala dengan adanya berbagai artikel atau blog terkait dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Apa itu content writer

Content writer adalah salah satu bidang pekerjaan dimana memiliki tugas sebagai penulis profesional untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan artikel, jurnal, berita, informasi pada media sosial, dan lain sebagainya. Dalam menjadi seorang penulis, dibutuhkan beberapa keterampilan khusus agar dapat memberikan efek atau daya tarik kepada pembaca untuk mendorong minat membaca konten yang telah dibuat.

Nah, dari situ tugas content writer (penulis konten) dapat membantu untuk membuat sebuah tulisan dengan topik atau tema yang telah ditentukan. Selain itu seorang penulis juga harus memperhatikan beberapa hal teknis maupun non teknis dalam pembuatan sebuah tulisan, agar informasi yang dituangkan dalam sebuah tulisan dapat menarik minat pembaca, serta meningkatkan traffic dan keuntungan bagi website itu sendiri.

Setelah memahami definisi dari content writer, maka sebagai seorang Content Writer, kita memerlukan keahlian yang mumpuni dan memahami betul tugas utamanya. Apa saja sih tugas dan tanggung jawab seorang content writer? Berikut pembahasannya.

Tugas Utama Content Writer

Seorang content writer wajib paham akan tugas-tugasnya supaya apa yang mereka tulis memiliki nilai lebih untuk dapat meraih target pembaca. Disamping itu tulisan yang dihasilkan juga harus enak dibaca dan mudah dimengerti. Berikut Ini 7 tugas utama Content Writer yang wajib kamu ketahui.

1. Seorang content writer bertugas mengedukasi pembacanya, dengan mampu menyajikan informasi yang kompleks tapi gampang dimengerti. 

2. Content Writer bertugas menulis konten yang sesuai dengan pesanan dan relevan dengan platform yang akan diisi. Misalnya untuk website kesehatan, maka kontennya tentu akan berbeda dengan website teknologi.

3. Content Writer bertugas untuk mencari kata kunci atau keywords yang akan ditulisnya karena ini berhubungan erat dengan SEO, agar tulisan bisa gampang ditemukan pembaca lewat pencarian Google.

4. Content Writer juga memiliki tugas untuk menganalisa atau melakukan riset, sebelum membuat tulisan. Data atau informasi yang berada dalam tulisan harus bisa dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

5. Content Writer bertugas memahami format penulisan yang baik. Termasuk melakukan self-editing serta memastikan ejaan tanda baca yang baik dan benar pada naskah yang dibuat.

6. Content Writer yang bekerja di divisi Marketing, maka Content Writer harus mampu membuat produk yang ditawarkan mudah ditemukan, demikian juga dengan websitenya bisa mendapatkan viewers yang banyak. Content Writer di divisi marketing merupakan salah satu jabatan yang sangat menguntungkan perusahaan.

7. Content Writer bertugas menyelesaikan tulisannya sesuai deadline. Content Writer yang kredibel dan profesional tidak akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan atau pesanan tulisan jika bisa dipercaya mampu melaksanakan tugasnya sesuai kesepakatan.

Baca Juga :

Kemudian, setelah tugas dari content writer diketahui, disamping itu kita juga memiliki skil atau keahlian yang dikuasai, apa saja skil yang diperlu dimiliki berikut ini bisa dijadikan referensi.

Skil atau keahlian Content Writer

Keingintahuan yang Besar

Sebelum menulis satu tulisan, penulis harus punya kemauan buat menggali informasi dari berbagai tempat untuk mendapatkan data serta informasi yang bisa dipercaya. Beban moral bagi penulis jika informasi yang disajikannya ternyata tidak benar, apalagi mengandung hoaks. Melakukan Riset ini merupakan skill yang sangat wajib dimiliki content writer.

Mempunyai Kemampuan Menulis yang Mumpuni

Tidak bisa dipungkiri, tidak semua orang bisa jadi penulis yang baik dan benar. Skill menulis harus dipelajari, termasuk memahami format penulisan yang sesuai kaedah yang berlaku. Menulis kelihatan sangat mudah tapi menulis yang profesional itu harus dipelajari.

Memahami Apa yang Diinginkan Pembaca.

Nah, untuk yang satu, content writer emang harus update terus mengenai informasi yang sedang ramai di kalangan masyarakat, baik di dalam dan luar negri. Kemampuan menemukan tema, judul dan keywords untuk penulisan yang disukai pembaca butuh proses pembelajaran dan kepekaan.

Membaca Target Pembaca

Content writer juga harus memiliki kemampuan membaca target pembaca, skill ini sangat penting dalam penulisan. Cara dan gaya penulisan kita harus disesuaikan dengan target pembaca. Misalnya, tulisan untuk pembaca usia muda akan berbeda untuk target pembaca usia dewasa.

Tips menjadi content writer yang profesional

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh penulis konten, selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah beberapa tips menjadi content writer yang handal dan profesional. Dibutuhkan beberapa skill dan minat yang besar untuk menjadi seorang penulis, terutama untuk kebutuhan artikel atau konten dalam website, maupun media sosial.

      1. Memahami penggunaan teknologi

Tips yang berikutnya, adalah harus memahami penggunaan dan penerapan teknologi atau biasa disebut dengan melek teknologi. Di era yang serba digital saat ini, setiap orang akan lebih sering berhubungan dengan berbagai macam teknologi digital yang ada. Mulai dari perangkat yang berukuran kecil, hingga yang besar.

Seorang content writer juga harus bisa mengoperasikan berbagai teknologi masa kini, sehingga dalam proses pengerjaan artikel, tidak akan mengalami kendala. Teknologi yang akan sering digunakan adalah perangkat keras seperti laptop, PC, smartphone, dll. Kemudian, juga memiliki pemahaman tentang penggunaan perangkat lunak (software) untuk pengolahan data dan penggunaan browser.

      2. Memiliki keahlian dalam menulis

Apabila anda ingin memulai karir menjadi seorang content writer, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah memiliki keahlian khusus dalam bidang menulis. Keahlian disini dapat mencakup mengenai pemahaman dan wawasan mengenai struktur 5W + 1H, penulisan artikel, dll. 

Jadi, praktek menulis tidak hanya sekedar menuangkan segala bentuk tulisan ke dalam konten, namun harus memiliki tujuan, topik, dan struktur yang baik agar orang yang membaca lebih mudah untuk memahaminya. Perbanyak latihan menulis agar anda lebih terbiasa untuk membuat konten artikel dalam blog ataupun media sosial.

      3. Mengikuti perkembangan tren yang ada

Tips yang terakhir, penulis juga harus selalu mengikuti perkembangan tren dan berita yang ada. Sehingga, isi informasi dalam artikel yang dibuat lebih aktual dan terkini. Kemudian, penyajian informasi juga berdasarkan fakta yang ada dan masih relevan dengan keadaan saat ini.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *