Perangkat Penguat Sinyal Dalam Gedung

Posted on
Spread the love

Penguat Sinyal (Signal Boosters) – Semoga Anda selalu dalam lindunganNYA, Amin.

Kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai Perangkat Penguat Sinyal Dalam Gedung. Pada beberapa bangunan (gedung) tinggi dan tertutup (ruang AC) biasanya memiliki perangkat penguat sinyal didalamnya, hal ini disebabkan frekuensi sinyal dari luar gedung tidak mampu menembus dan masuk kedalam gedung. Oleh karena itu perlu untuk dipasang penguat sinyal didalamnya sehingga pengguna smartphone ataupun selular lainnya dapat mengakses sinyal untuk berkomunikasi atau berinternet dengan nyaman.

Pengertian BTS (Base Transceiver Station)
BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telepon, telepon seluler, dan jaringan nirkabel sementara operator jaringannya adalah GSM dan CDMA.
BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Komunikasi seluler adalah komunikasi modern yang mendukung mobilitas yang tinggi. Dari beberapa BTS kemudian dikontrol oleh satu Base Station Controller (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun serat optik.

Komponen BTS (Base Transceiver Station)

  1. Antena Microwave
  2. Penangkal petir
  3. Panel Induk
  4. Panel Operator
  5. RBS (Radio Base Station)
  6. Kabel Feeder
  7. Antena Indoor

Mari kita jabarkan satu persatu dari komponen-komponen tersebut diatas.

1. Antena Microwave

Antena Microwave adalah sebuah sistem pemancaran dan penerimaan gelombang mikro yang memiliki frekuensi sangat tinggi. Microwave digunakan untuk komunikasi antar BTS atau BTS-BSC. Antena Microwave yang digunakan merupakan sistem indoor, jadi tidak masalah jika terkena hujan karema alat ini dibuat kusus untuk area outdoor dan biasanya antena ini dipasang di rooftop.

2. Penangkal petir

3. Panel Induk

4. Panel Operator

5. RBS (Radio Base Station)

6. Kabel Feeder

7. Antena Indoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *